SELAYANG PANDANG ROHIS SMK ULIL ALBAB DEPOK CIREBON



Rohis adalah singkatan dari kata “Rohani Islam”. Biasanya berbentuk suatu organisasi yang mempunyai tujuan dakwah dan membimbing suatu perkumpulan lain untuk tetap mamandang nilai-nilai islam dalam lingkungan tertentu. Rohis disekolah biasanya berbentuk ekstra kurikuler atau justru wajib diikuti bagi  sekolah-sekolah tertentu.

Adapun orang-orang yang berkecimpung didalamnya, biasanya adalah orang-orang yang mau saja. Tujuan mereka bermacam-macam, ada yang ingin menambah ilmu pengetahuan Islam, menambah banyak teman, atau bahkan menambah pengalaman berorganisasi. Dan ada juga yang hanya  ingin eksis, dan tak sedikit juga yang ikut karna terpaksa. Hm,, yang seperti ini yang perlu kita beri pemahaman selurus-lurusnya.

Tujuan Rohis itu sendiri, adalah tetap melestarikan nilai-nilai Islam dalam wilayah tersebut. Meningkatkan ukhuwah atau persaudaraan terhadap muslim yang satu dengan yang lainnya. Memperdalam ilmu dan juga melatih keorganisasian.  Sifatnya berstruktur, ada ketua, wakil, sekretaris, bendahara dan bagian divisi atau departemen lainnya. Tugas Rohis disekolah biasanya mengkoordinir suatu event-event besar Islam.

Kegiatan rohis secara umum ialah kajian, belajar Al-Qur’an, baca tulis Al-Qur’an, Hadroh Sholawat, mentoring, atau juga sesekali diselipkan kegiatan yang menghibur seperti nonton film bareng, games dan lain-lain  namun  tanpa meninggalkan tujuan utama yaitu mencari ilmu dan makna dari sesuatu yang dilakukan itu.  Misalnya dengan menyimpulkan makna dan amanah yang terkandung  dalam  film atau games tersebut. Ada juga acara outdoornya seperti, tafakur alam, tadabur alam, mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa).

Rohis biasanya mempunyai bagian-bagian tertentu yang tugasnya sudah ditentukan oleh alumni-alumni atau  semenjak organisasi Rohis itu berdiri. Tapi sifatnya fleksibel, bisa ditingkatkan kestrukturannya jika memang Rohis tersebut sedang maju atau berjalan sukses semua prokernya. Namun, bisa juga mengurangi kestrukturannya jika Rohis tersebut kurang koordinasi dan apabila dilihat dari proker sebelum-sebelumnya, tidak berjalan sukses.

PROKER adalah Program Kerja. Setiap organisasi memiliki program kerja, karena organisasi harus jelas tujuan dan maksud yang akan dicapai nantinya. Dengan adanya proker semua cara untuk mencapai itu semua dapat terstruktur dengan baik.

Merubah kestrukturan, tidak bisa dilakukan atau dihapus begitu saja. Untuk membentuk suatu struktur dalam organisasi perlu pertimbangan dari Pembina organisasi atau pendiri organisasi tersebut.
Rohis itu organisasi yang mendekati sempurna, semua yang dilakukan berlandaskan dengan hukum yang pasti, hukum yang adil dan jujur. Barang siapa yang melanggar hukum tersebut, berurusan langsung dengan pemilik semesta ini, ialah Allah Azza Wajalla. Tapi tenang, Rohis tidak menekankan kalian harus ini harus itu harus benar lah harus seperti itulah. Disini semua sama-sama belajar, baik pengurus , anggota , alumni bahkan Pembina sekalipun. Karna pada dasarnya, tidak ada yang sempurna dan memiliki segala ilmu selain Allah Yang Maha Kuasa.

Tak jarang juga, banyak anak-anak berprestasi yang telah dicetak dari organisasi ini. Sebagian dari mereka bilang, bahwa Rohis telah membawa hidup mereka lebih baik dan bermanfaat bagi banyak orang. Katanya, Rohis mengajarkan kita untuk mengelola suatu organisasi dengan baik. Yang tadinya kami belum mengenal suatu organisasi dan belum mampu bersosisalisasi dengan banyak orang, tapi dengan Rohis kami mandapatkan itu semua dan plus + plus nya ilmu banyak yang diserap, bisa menangani masalah dengan lebih dewasa lagi, bisa bersikap sebagaimana mestinya terhadap orang-orang yang berbeda jenis dan karakternya  dan mendapat teman-teman yang sholeh dan sholehah.

            Nah, itu dia Rohis… Bagaimana? Tertarik kah kalian ikut Rohis?

            Sekarang mari kita tengok Rohis SMK ULIL ALBAB DEPOK CIREBON.

Nama               : Rohis SMK ULIL ALBAB DEPOK CIREBON.
Status              : Pelajar
Jabatan           : Mediator Dakwah Pelajar
Alamat             : Kampus SMK Ulil Albab Depok Cirebon
e-mail              : rohissmkulilalbab@gmail.com
Bekennya        : Radar 28 (geRAkan DAkwah pelajaR Ulil Albab)
Makna             : Gerakan         : Suatu pergerakan, suatu langkah
                          Dakwah          : Kegiatan menyampaikan Ilmu-Ilmu Allah kepada siapapun          
                          Pelajar            : Kami sebagai pelajar
                          28                    : SMK ULIL ALBAB DEPOK CIREBON
Kesimpulan: “Pergerakan atau langkah kami pelajar SMK ULIL ALBAB DEPOK CIREBON untuk menyampaikan Ilmu-Ilmu  Allah kepada siapapun orangnya.”
 
Kategori          : Ekstrakurikuler (tidak diwajibkan untuk semua siswa/I mengikuti organisasi ini)
Kantor              : Mushalla SMK ULIL ALBAB DEPOK CIREBON.

Visi Dan Misi Rohani Islam (ROHIS) SMK ULIL ALBAB DEPOK CIREBON.

Dalam mencapai visi dan misi itu semua Rohis SMK ULIL ALBAB DEPOK CIREBON, telah bekerja sama dengan Pembina, pengurus dan seluruh keluarga Rohis juga OSIS dan sekolah. Dengan perjuangan yang tak mudah tentunya, sebesar apapun pohon pastilah ia akan diterpa angin dan itu akan menjatuhkan salah satu dari ribuan dedaunan yang akan menunjang pohon tersebut dalam berproduktif, begitu juga dengan Rohis.

Kegiatan Radar 28 ini seperti pada umumnya, kajian yang diisi oleh Pembina, baca tulis Al-Qur’an, Hadroh Sholawat, nonton film, games, mentoring dan ada hiburan juga untuk ikhwannya seperti kegiatan bermain futsal dsb.  Adapun karya Radar 28 ini, dulu memang sempat ada Qashidah dari akhwatnya, tapi sekarang sudah tak diekspose lagi, mungkin karena factor SDM, dan peralatannya yang kini belum sempat diperbaharui. Untuk ikhwan ada marawis dan baru-baru ini membentuk sebuah grup Nasyid dan semoga akan terus berlanjut ke angkatan dibawahnya, hhe. Ada juga divisi yang tugasnya membuat mading sekolah dll.

Untuk kegiatan diluar sekolah biasanya Radar 28 mengadakan Tafakur Alam, mabit, tastqif untuk upgrading pengurus dan anggota yang masih aktif didalamnya. Dan tak jarang, dalam rangka meningkatkan ukhuwah juga silaturahim dengan dunia luar,

Kendala-kendala di Radar 28 ini mungkin sama seperti di Rohis yang lain, kuantitas tentunya yang ada pun tak sepenuh nya karena kemauan, tapi itulah yang menjadi tantangan dan tugas kita sebenarnya,  kalau kualitas Insya Allah ada sebagian yang betul-betul bertekad. Dan satu kendala lagi yang lebih mendunia, yaitu “pendanaan”. Hm itu yang membuat proker-proker menumpuk dilemari  dibiarkan tak terurus.

Namun, kami yakin dengan azzam yang telah kami pancang semua akan dapat dilalui perlahan-lahan. Biarlah daun yang jatuh itu, walau begitu ia pernah menjadi bagian dari pohon yang kokoh. Cukup jadi pelajaran, untuk kearah yang baik lagi.


            Namun, apalah daya semua itu tugas yang diamanahkan Allah untuk kami yang nantinya akan dimintai pertanggung jawabannya. Semua juga tak lepas dari kuasa dan pengawasan-Nya. Semoga Rohis SMK ULIL ALBAB DEPOK CIREBON tetap berkarya dan tetap solid. Semakin bersatu dan terus menerjang badai  era globalisasi yang terus menyusup dan hampir menghilangkan tekad para pejuang untuk tetap berjuang di jalanNya, yang hampir menjauhkan setiap manusia dari kata-kata indah Al-Qur’an dan melupakan jati dirinya sendiri yaitu sebagai seorang muslim.



Related Posts:

0 Response to "SELAYANG PANDANG ROHIS SMK ULIL ALBAB DEPOK CIREBON"

Posting Komentar